Penggunaan Teknologi Dalam Bidang Pertanian

Penggunaan teknologi dalam bidang pertanian sangatlah penting, untuk meninkatkan proses kerja cepat & menghasilkan penen lebih cepat. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pendapatan lainnya dari sektor pertanian.

Penggunaan Teknologi Dalam Bidang Pertanian

Dengan ditemukan & berkembangan berbagai teknologi untuk sistem pertanian sekarang ini diharapkan para petani bisa meningkatkan kinerjanya. Apalagi untuk lahan luas, maka pemerintah inginkan proses cepat tanpa membuang waktu.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kurun waktu 1983-1993 telah terjadi alih fungsi lahan seluas 935.000 hektar yang terdiri atas 425.000 hektar berupa lahan sawah dan 510.000 lainnya bukan sawah atau rata-rata pertahun sekitar 40.000 hektar.

5 Teknologi Dalam Bidang Pertanian

Teknologi Dalam Bidang Pertanian

Ada 5 teknologi pertanian yang sedang berkembang dan sangat bermanfaat saat ini.

1. Transplanter

Transplater dipercaya bisa meningkatkan produksi padi hingga 30%, digunakan untuk menanam padi. Mesin ini tidak akan tenggelam di lumpur sawah karena sudah dilengkapi dengan pengapung.

2. Indo combine harvester

Dalam urusan panen padi maka sudah ada teknologi canggih indo combine harvester. Petani tidak membutuhkan banyak orang saat musim panen tiba, cukup dengan indo combine harvester padi dengan luas berhektar-hektar bisa dipanen.

3. Mesin pemilah bibit unggul

Jika dulunya petani tidak bisa menentukan bibit mana yang akan menghasilkan tumbuhan terbaik, kini dengan teknologi pertanian lebih mudah untuk mendapatkan bibit unggul dan terbaik.

4. Alat pengering kedelai

Proses pengeringan yang terlambat dapat menurunkan kualitas dari hasil penen padi. Sehingga diciptakanlah teknologi alat pengering kedelai yg juga bisa berfungsi untuk padi.

5. Instalasi pengolah limbah

Limbah ternak ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk dengan kualitas yang lebih bagus. Limbah bermanfaat bisa diubah menjadi pupuk organik dan biogas, juga bagus untuk mengurangi produksi limbah.

Pencapaian sektor pertanian bisa dilihat dari jumlah stok beras yang cukup sampai akhir Juni 2020, dimana diperkirakan mencapai 6,84 juta ton. Sedangkan potensi panen padi bulan Mei 2020 saja bisa mencapai 1,25 juta hektar. Untuk beras adalah sektor pertanian yang sangat banyak menghasilkan uang bagi negara.

Comments are closed.