Geevv, mesin pencari bikinan mahasiswi asal Indonesia, Azka A. Silmi, rame diomongin gara-gara jadi alternatif Google salah satu organisasi masyarakat. Mesin pencari memudahkan banyak orang dalam mencari berbagai macam informasi. Selama ini mesin pencari yang sangat sering dan banyak digunakan masyarakat diseluruh dunia adalah google.

Geevv, Search Engine Buatan Mahasiswi UI Ini Menggunakan API

Namun Geevv mesin pencari yang dikembangkan oleh kalangan siswa UI lebih ditujukan untuk kegiatan sosial. Kegiatan sosial yang dimaksud termasuk model bisnis yang dipraktikkan, di mana 80 persen pendapatan iklan didonasikan untuk program sosial, dan target pengguna yang spesifik.

Geevv, Mesin Pencari Alternatif Google yang Dibuat Mahasiswi Indonesia

Geevv Mesin Pencari Buatan Mahasiswi UI

Resmi diluncurkan pada 26 September 2016, sama seperti mesin pencarian lainnya. Geevv sangat mirip dengan mesin pencari lainnya, Anda hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci dan hasil pencarian dengan konten yang sesuai akan muncul pada halaman Geevv. Untuk mengenal banyak seputar Geevv, yuk simak beberapa fakta menarik Geevv dibawah ini:

  • Merupakan Social Search Engine

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit diatas, kalau fokus Geevv adalah untuk kegiatan sosial. Lebih dari 80% mitra yang terpercaya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan program tersebut. 20% nya akan dikembangkan untuk fungsi Geevv agar bisa mencari lebih banyak informasi dari banyak situs.

  • Monetasi Lewat Iklan

Geevv ternyata juga melakukan monetasi lewat iklan. Misalnya, kamu dapat memberikan sejumlah donasi kepada Geevv untuk menampilkan link tertentu, yang mana nantinya para pengguna internet lain bisa melihat link tersebut saat melakukan pencarian.

  • Membeli API dari Bing

Lebih lanjut, Geevv ini trnyata membeli API atau Application Programming Interface dari Bing. Ya, seperti yang diketahui, Bing merupakan mesin pencari buatan Microsoft, yang mana saat ini menduduki posisi kedua setelah Google. Bing telah dimanfaatkan oleh berbagai situs besar, salah satu contohnya Yahoo.

Kemajuan internet dan teknologi digital sekarang ini sangat pesat dan cepat. Selalu ada penemuan hal baru yang dilakukan anak bangsa di dunia, termasuk Indonesia yang juga tidak kalah majunya.¬† Agar tidak ketinggalan tentang perkembangan digital, baca juga “Mengenal Pengertian Deep Web Secara Garis Besar“.