Seperti yang kita rasakan, kemajuan teknologi digital semakin canggih begitu pula dari perkembangan televisi sampai sekarang. Dari warna hitam putih bersemut kecil, hingga memiliki tampilan sangat canggih. Saking canggihnya, kadang kita sendiri yang sudah tinggal dijaman digital ini kewalahan mengikuti perkembangannya.

Perkembangan Televisi Sampai Sekarang

Sangat bersyukur kepada John Logie Baird, ilmuan yang pertama kali menemukan televisi hitam putih pada tahun 1926. Ia berhasil mentransmisikan gambar dari televisi di sebuah laboratorium di London. Penemuan inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal TV di masa depan, yg tengah kita gunakan sekarang ini untuk berbagai informasi & hiburan.

Sejarah Perkembangan Televisi Sampai Sekarang

Televisi sudah seperti kebutuhan didalam sebuah keluarga, untuk menjadi pusat hiburan bersama & berkumpul dengan keluarga di ruang tamu. Pada tahun 1840, Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 baris. Namun John Logie Baird pria berkebangsaan Skotlandia memperlihatkan televisi kepada umum untuk pertama kalinya. Sehingga hak paten sebagai penemu televisi jatuh atas nama John Logie Baird.

Televisi mulai dipakai oleh masyarakat dunia setelah Perang Dunia II berakhir. Televisi mengambil alih perhatian lebih banyak dibandingkan dengan radio, karena menampilkan suara yang sudah disertai dengan gambar. Philo T. Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat di usianya ke-21 mengembangkan temuan televisi modern. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi, serta tampilan gambar berwarna bisa dikembangkan sampai sekarang.

Perkembangan Televisi Sampai Sekarang

Saat ini berdasarkan catatan dunia, Apple TV yang muncul pada tahun 2007 kemarin adalah jenis televisi paling canggih hingga saat ini. TV ini dapat dihubungkan dengan iTunes, Program televisi, Film, Video Youtube dan masih banyak lagi. Namun yang paling banyak digunakan masyarakat umum dunia adalah TV dengan teknologi 3D. Kualitas 3D menjadi sangat populer, gambar yg ada dalam TV tersebut sangat jernih & nyaman dilihat saat menonton.

Di Indonesia sendiri, perkembangan televisi dan siaran pertelevisian memiliki jejak sejarah yang cukup panjang. Televisi pertama di Indonesia dibawa dari Uni Soviet saat Pameran Perayaan 200 tahun Kota Yogyakarta.